banner
section title

Detail Berita

PENGERTIAN COATING MOBIL, FUNGSI, SERTA DAYA TAHANNYA, CEK DI SINI!

11 Agustus 2022

Pengertian coating mobil adalah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Hal ini dilakukan agar warna cat tersebut bisa terlihat lebih mengkilap. Anda dapat mempelajari pengertian coating mobil serta berapa lama ketahanannya di artikel kami berikut ini.


Memiliki mobil dengan warna yang memukau tentu menjadi impian banyak orang. Namun sayangnya, beberapa orang terkadang lupa untuk memberikan perawatan pada cat bodi mobilnya. Akibatnya, cat mobil menjadi lebih cepat memudar dan terlihat kusam. Selain itu, seiring dengan pemakaiannya, cat mobil juga dapat berisiko ditumbuhi jamur atau munculnya bercak-bercak bekas hujan.


Hal tersebut tentu akan mengganggu penampilan mobil. Oleh sebab itu, cat mobil juga perlu memperoleh perawatan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan coating mobil untuk memberikan lapisan pelindung pada cat bodi mobil.

Pengertian Coating Mobil

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, coating mobil adalah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Proses coating mobil ini dilakukan dengan menggunakan bahan SiO2 atau silikon dioksida yang juga menjadi bahan dasar dalam pembuatan keramik dan kaca. Dengan melakukan coating mobil ini, maka cat mobil dapat terlindungi sehingga tampilan bodi mobil bisa selalu terlihat mengkilap dan tidak mudah kusam. 


Kemudian, perlu Anda tahu bahwa coating mobil sendiri terbagi menjadi dua tipe sebagai berikut:

  • Ceramic coating adalah cairan pelindung yang dapat mengeras/mengkristal sehingga akan terlihat seperti lapisan akrilik tipis ketika cairan tersebut sudah mengering. Ceramic coating ini dapat memberikan proteksi yang baik serta memiliki daya tahan yang cukup lama. Meskipun demikian, jenis coating ini membutuhkan perawatan khusus.

  • Nano Coating adalah cairan pelindung dengan partikel berukuran nano. Karena memiliki ukuran yang sangat kecil cairan pelindung pada nano coating diklaim mampu mengisi pori-pori cat mobil.

Fungsi Coating Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Secara garis besar, terdapat beberapa fungsi dari coating mobil. Berikut beberapa di antaranya.

1. Melindungi cat mobil dari sinar ultraviolet (UV) 

Perlu Anda tahu, panas terik matahari dapat membuat warna cat mobil memudar dan terlihat lebih kusam. Hal ini terjadi karena kandungan sinar UV pada matahari akan merusak kualitas cat mobil Anda. Oleh karena itulah, coating mobil diperlukan. Dengan adanya lapisan pelindung di permukaan cat, maka bodi mobil bisa lebih terjaga dari paparan sinar UV.

2. Membuat mobil lebih mengkilap

Jika Anda ingin agar mobil bisa selalu terlihat mengkilap, coating mobil bisa menjadi solusi yang tepat. Jika Anda membuat mobil terlihat mengkilap menggunakan wax atau sealant, maka daya tahan kilap mobil bisanya hanya sekitar 1-3 bulan saja. Sedangkan kilap yang dihasilkan coating mobil bisa mencapai tahunan. 

3. Melindungi cat dari goresan

Baret atau goresan lecet pada mobil bisa terjadi karena berbagai hal. Contohnya seperti usia mobil yang sudah tua, penggunaan sponge yang kasar, mengelap mobil dengan kain yang kotor, dan lain-lain. Secara sekilas, goresan halus atau baret memang tidak akan terlalu terlihat, namun jika Anda mengamatinya dalam jarak yang dekat maka goresan-goresan tersebut akan membuat mobil tampak tidak terawat.


Nah, untuk mengatasinya Anda juga bisa menggunakan coating mobil. Dengan cara ini, permukaan mobil memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap goresan. Meskipun demikian, perlu Anda tahu bahwa tingkat ketahanan tersebut juga akan tergantung pada beberapa faktor seperti jenis coating dan ketebalan lapisan. Semakin tebal dan semakin keras lapisan coating yang diberikan, maka daya tahan cat mobil terhadap goresan halus juga akan semakin baik. 

4. Memberikan efek daun talas 

Saat mobil mendapatkan coating atau lapisan pelindung, maka cat mobil akan mendapatkan efek daun talas. Perlu Anda tahu, efek daun talas atau juga dikenal dengan istilah water repellent effect merupakan efek di mana air tidak menyerap pada cat mobil. Dengan demikian, saat mobil terkena air hujan, maka air tersebut tidak akan menempel dan akan langsung tergelincir saat menyentuh permukaan cat mobil. Hal tersebut pada akhirnya dapat meminimalisir munculnya bercak air di permukaan cat. 

5. Meminimalisir timbulnya jamur

Selain memberikan perlindungan pada paparan sinar matahari, goresan, ataupun air, coating mobil juga dapat meminimalisir timbulnya jamur pada permukaan cat. Manfaat ini bisa didapatkan karena coating mobil akan memberikan efek daun talas sehingga air tidak akan mengendap di permukaan cat. Seperti yang kita tahu, permukaan cat yang memiliki bercak air yang mengering, lambat laun akan menimbulkan jamur. Nah, dengan pemberian lapisan pelindung pada cat mobil, maka Anda juga melindungi permukaan mobil dari tumbuhnya jamur.

Lalu, Coating Mobil Membutuhkan Waktu Berapa Lama? 

Jika Anda tertarik untuk memberikan lapisan pelindung pada permukaan cat mobil, proses coating mobil pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 hari. Perawatan cat mobil ini memang tidak bisa diselesaikan dalam waktu sehari karena coating mobil dilakukan dengan 3 tahapan.


Tahap pertama, mobil akan dicuci terlebih dahulu. Proses pencucian bodi mobil ini membutuhkan waktu sekitar beberapa jam saja. Setelah mobil dalam kondisi bersih kemudian mobil memasuki tahap kedua. Di sini mobil akan melalui proses paint correction untuk memastikan bahwa bodi mobil tidak memiliki "luka" atau bercak-bercak noda. Proses inilah yang umumnya memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 1-2 hari karena harus dilakukan dengan teliti dan secara menyeluruh. Selanjutnya tahap ketiga yaitu proses coating mobil baru bisa dilakukan. Tahap ketiga ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam.


Kemudian untuk daya tahannya, lapisan coating mobil juga memiliki usia pakai. Seiring pemakaian mobil, unsur silika sebagai bahan utama coating juga tetap bisa mengalami pengikisan. Meskipun begitu, umumnya untuk pemakaian normal, coating mobil bisa bertahan dalam waktu yang lama yaitu hingga usia kurang lebih 4 tahun.


Apabila Anda ingin tampilan mobil Anda bisa selalu terlihat mengkilap serta memiliki warna cat yang lebih awet, Anda bisa memilih untuk memberikan perawatan berupa pemberian coating mobil. Untuk biaya coating mobil adalah sekitar Rp 2 hingga 8 juta tergantung dari jenis coating yang akan digunakan serta besar ukuran mobil.


AUKSI setiap minggunya membuka kegiatan lelang mobil online dan offline. Jika Anda tertarik untuk membeli mobil bekas layak pakai, silakan daftarkan diri Anda sebagai peserta lelang. AUKSI sendiri selalu memastikan bahwa proses lelang dapat diikuti dengan aman dan mudah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai daftar unit mobil yang akan kami lelang silakan klik Lelang Mobil Jakarta.


-fera-