banner
section title

Detail Berita

APA FUNGSI RADIATOR MOBIL & BAGAIMANA CARA KERJANYA? PELAJARI DI SINI!

26 September 2022

Pada dasarnya, fungsi radiator mobil adalah sebagai sistem pendingin pada mesin kendaraan. Tanpa komponen penting ini, mobil Anda bisa mengalami overheat. Pelajari fungsi radiator mobil selengkapnya di artikel kami berikut.


Mobil yang kita gunakan sehari-hari memiliki sebuah sistem pendinginan yang berperan penting untuk menjaga kinerja mesin. Ketika mobil berjalan atau saat digunakan, mesin akan melakukan suatu proses pembakaran sehingga kendaraan bisa melaju di jalanan. Proses pembakaran tersebut tentu akan menghasilkan suhu yang panas. Jika sistem pendingin tidak ada, maka mesin bisa mengalami suhu panas yang terlalu tinggi. Akibatnya, mesin kendaraan menjadi overheat sehingga menimbulkan berbagai masalah serius mulai dari mogok hingga turun mesin.


Oleh karena itulah, beragam komponen yang ada di dalam sistem pendingin harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Salah satu komponen tersebut adalah radiator mobil. Jika Anda saat ini belum mengetahui apa sebenarnya fungsi utama dari radiator, simak terus artike ini. Kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda.


Baca Juga: 9 Komponen Sistem Pendingin Mobil Beserta dengan Fungsinya


Apa Itu Radiator Mobil?

Radiator adalah komponen utama yang ada di dalam sistem pendingin mobil. Komponen ini berbentuk lempengan besi dan berguna untuk mendinginkan air atau cairan yang sebelumnya sudah membawa panas dari mesin. Pada umumnya, radiator mobil ini terletak di dekat mesin.


Perlu diketahui bahwa pada umumnya mobil menggunakan sistem pendingin air di mana air atau cairan menjadi media utama yang dipergunakan untuk melepaskan panas. Nah, radiator ini bekerja dengan cara menyerap panas yang ada di air kemudian mengeluarkannya di udara.


Di dalam radiator sendiri terdapat beberapa komponen lain seperti berikut:


  • Upper tank adalah komponen radiator berbentuk tangki dan memiliki fungsi untuk menampung air yang sudah menyerap panas dari mesin.

  • Lower tank yaitu komponen berupa tangki untuk menampung air yang sudah didinginkan sehingga cairan tersebut dapat dikirimkan kembali untuk menyerap panas di mesin.

  • Radiator core merupakan sebuah saluran yang berguna untuk menghubungkan upper tank dan lower tank. Jumlah dan ukuran radiator core ini tergantung dari kemampuan radiator untuk mendinginkan air.

  • Sirip radiator yaitu komponen radiator yang berupa sebuah besi tipis dan berada di radiator core. Komponen ini mempunyai peran utama untuk menerima panas yang ada di air dan melepaskannya ke udara.

  • Drain plug atau baut penguras yaitu komponen yang berada di bawah radiator pada lower tank. Drain plug ini berperan sebagai komponen untuk menguras atau mengeluarkan air pendingin di dalam radiator. 

  • Radiator cap juga sebagai tutup radiator adalah untuk menutup lubang radiator, mengatur tekanan, dan tempat pengisian dari air. Komponen ini juga memiliki peran penting agar tidak terjadi kebocoran pada radiator mobil.


Dengan beragam komponen yang ada di dalam radiator, maka suhu mesin bisa tetap terjaga dan stabil sehingga  tidak mengalami suhu panas yang terlalu tinggi. 


Baca Juga: Penyebab Mobil Overheat dan Cara untuk Mengatasinya. Cek di Sini!

Jadi, Apa Fungsi Radiator Mobil?

Fungsi radiator mobil adalah sebagai pendingin suhu mesin kendaraan. Radiator akan mendinginkan air yang sebelumnya telah membawa panas dari bagian mesin dan mencegah terjadinya panas berlebih atau overheat.


Perlu Anda pahami bahwa setiap mesin mobil akan melakukan proses pembakaran untuk bisa menghasilkan energi sehingga kendaraan dapat bergerak dan berjalan. Di sisi lain, ketika mesin bekerja terlalu keras maka suhu panas tersebut bisa menjadi terlalu tinggi sehingga mobil tidak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itulah, radiator diperlukan untuk menjaga dan mempertahankan suhu pengoperasian mesin yang ideal sehingga mesin tetap dapat bekerja optimal serta tidak mengalami overheat.

Cara Kerja Radiator Mobil

Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai fungsi radiator mobil, ada baiknya jika Anda juga memahami bagaimana cara kerja komponen sistem pendingin ini. Pada dasarnya, cara kerja radiator mobil ini dimulai dari air atau coolant dengan suhu netral di dalam radiator yang mengalir menuju saluran dan mengelilingi mesin untuk menyerap panas. Radiator coolant sendiri merupakan cairan khusus yang berfungsi untuk menyerap panas mesin serta mencegah korosi atau karat pada material logam. Di sini, air atau coolant tersebut akan membawa panas mesin untuk didinginkan kembali ke radiator.


Jadi, air yang sudah membawa suhu panas dari mesin pada awalnya akan disalurkan ke bagian tangki upper tank. Selanjutnya, cairan tersebut akan diteruskan ke dalam radiator core. Pada proses ini, suhu panas akan berpindah ke dalam radiator core dan langsung disalurkan ke sirip radiator. Selanjutnya, ketika ada udara yang melewati sirip radiator maka panas akan dilepas ke aliran udara tersebut. Nah, ketika suhu panas sudah dilepaskan atau dipindahkan ke udara, maka cairan akan menjadi dingin kembali dan akan mengitari mesin lagi untuk menyerap panas.


Melihat cara kerja komponen sistem pendingin ini, dapat dipahami bahwa fungsi radiator mobil sangat penting. Jika komponen tersebut bermasalah, maka mesin mobil pun akan ikut bermasalah karena tidak bisa mempertahankan suhu pengoperasian mesin yang ideal. 


 Agar sistem pendingin mobil bisa terus bekerja dengan baik, pastikan Anda melakukan perawatan pada radiator mobil. Beberapa hal yang perlu dilakukan seperti:

  • Pastikan jika coolant dalam radiator tidak habis atau kurang. Selain itu, ganti radiator coolant apabila kondisinya sudah keruh atau setiap 20.000 kilometer 

  • Bersihkan radiator mobil secara rutin. Radiator yang kotor juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mobil mengalami overheat karena sirkulasi radiator coolant terhambat oleh kotoran.

  • Pastikan bahwa tangki radiator tertutup dengan rapat agar cairan coolant tidak bocor. Jika ternyata radiator bocor karena terkena benda keras atau karena usianya yang sudah terlalu tua maka Anda bisa membawanya ke bengkel spesialis radiator untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian komponen.


Itu dia informasi yang bisa kami sampaikan mengenai fungsi radiator mobil. Agar mobil bisa selalu bekerja dengan optimal, Anda perlu merawat seluruh komponen mesin, tidak terkecuali pada sistem pendinginnya.


AUKSI saat ini sedang mengadakan lelang mobil online dan offline. Apabila Anda saat ini mencari mobil bekas layak pakai dengan harga yang terjangkau, Anda bisa bergabung dengan kegiatan lelang ini. Tidak perlu khawatir karena AUKSI adalah balai lelang mobil resmi di Indonesia dengan prosedur lelang yang aman dan mudah. Kendaraan yang kami lelah juga beragam mulai dari city car, MPV, SUV, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jadwal lelang di AUKSI silakan klik Informasi Lelang Mobil