banner
section title

Detail Berita

SPESIFIKASI SUZUKI ALL NEW ERTIGA HYBRID LENGKAP, CEK DI SINI!

28 Juni 2022

Kehadiran Suzuki All New Ertiga Hybrid berhasil menarik perhatian banyak orang. Mobil ini dianggap sebagai pelopor kendaraan ramah lingkungan pada segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Jika Anda tertarik dengan mobil hybrid dari Suzuki ini, berikut kami sajikan spesifikasi lengkapnya untuk Anda.


Pemerintah di Indonesia saat ini terus mendorong pengembangan kendaraan elektrifikasi atau Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah polusi udara akibat emisi karbon terutama di kota-kota besar.


Saat ini sebenarnya sudah ada beberapa mobil listrik yang dijual di Indonesia. Contohnya seperti Tesla, Toyota Corolla Cross Hybrid, dan lain-lain. Nah, di tahun 2022 ini tepatnya pada tanggal 10 Juni yang lalu giliran Suzuki yang memperkenalkan mobil elektrifikasinya yaitu Suzuki All New Ertiga Hybrid. Pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi memperkenalkan mobil elektrifikasi tersebut kepada masyarakat Indonesia di Mal Kelapa Gading 3 Jakarta. 


Perlu Anda tahu, Suzuki Ertiga Hybrid merupakan Low MPV Hybrid pertama di Indonesia. Selain itu, mobil ini juga digadang-gadang sebagai mobil elektrifikasi dengan harga yang cukup terjangkau untuk kategori mobil hybrid. Hal tersebut bisa diperoleh karena Suzuki All New Ertiga Hybrid diproduksi di Indonesia.


Dikutip dari otomotif.kompas.com, President Director Suzuki Indonesia Shingo Sezaki mengatakan bahwa kehadiran All New Ertiga Hybrid menjadi komitmen kuat dari Suzuki dalam menggabungkan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat Indonesia.


“Kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan terus meningkat. Tapi di sisi lain, mobil-mobil elektrifikasi yang ada saat ini harganya di atas daya beli mayoritas,” ungkap Sezaki. 


Oleh karena itulah, melalui studi komprehensif dan mendalam, Suzuki dapat membuat inovasi berupa mobil hybrid yang tergolong murah. Untuk harganya sendiri, Suzuki menawarkan mobil hybrid-nya tersebut pada kisaran harga antara Rp 270,3 juta sampai Rp 292,3 juta.

Perubahan Pada Suzuki All New Ertiga Hybrid

Jika dibandingkan dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya sudah mengandalkan listrik, mobil hybrid Ertiga ini menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional yang sudah digabungkan dengan teknologi ISG (Integrated Starter Generator) serta Lithium-Ion Battery. ISG berperan untuk menggantikan generator dan starter konvensional mobil dalam satu perangkat listrik. ISG ini bekerja dengan menangkap dan menyimpan energi listrik ke dalam Lithium-Ion Battery.


Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Suzuki Ertiga Terbaru 2022


Perlu Anda ketahui, ketika mobil hybrid berhenti seperti saat berada di lampu merah, maka mesin akan mati. Hal ini terjadi karena Ertiga Hybrid dilengkapi dengan fitur bernama Auto Start Stop. Fitur tersebut berfungsi untuk mematikan mesin ketika mobil berhenti agar tidak boros bahan bakar.
Nah, energi listrik di Lithium-Ion Battery itulah yang berperan untuk menjaga komponen-komponen kelistrikan mobil agar bisa tetap menyala meskipun mobil sedang berhenti. Dengan cara ini, konsumsi bahan bakar mobil bisa menjadi lebih efisien karena tidak ada proses pembakaran.  


Saat dibandingkan dengan Suzuki Ertiga versi bensin, secara garis besar Ertiga Hybrid memiliki setidaknya 17 perubahan mulai dari segi desain, penambahan fitur, dan penggunaan teknologi hybrid yang lebih ramah lingkungan. Untuk mesinnya sendiri, Suzuki All New Ertiga Hybrid masih menggunakan tipe yang sama dengan Suzuki Ertiga varian bensin yaitu mesin K15B. Mesin ini juga masih menghasilkan jumlah tenaga yang sama besar yaitu 103,2 hp dan torsi maksimum 138 Nm. Jadi, pada bagian mesin yang membedakan adalah penambahan ISG dan Lithium-Ion Battery. Pihak Suzuki menginformasikan bahwa mereka memberikan garansi selama 5 tahun atau setara dengan 100 ribu km untuk komponen ISG dan baterai Lithium-Ion tersebut.


Selanjutnya, sistem gerak All New Ertiga Hybrid juga tidak berbeda dengan Ertiga bensin yaitu ada di kedua roda depan. Meskipun begitu, total Gross Vehicle weight Ertiga Hybrid lebih berat sekitar 20 kg daripada Ertiga tipe bensin.


Selain itu, Suzuki All New Ertiga Hybrid mendapatkan beberapa perubahan pada sisi eksteriornya yaitu di bagian gril, pelek, spion, antena, setara penambahan aksen krom dan juga emblem hybrid. Sedangkan pada sisi interiornya, mobil hybrid ini mengalami perubahan desain MID (Multi Information Display), warna material jok, sampai warna interior ambience. Pada bagian interiornya, Anda juga akan menemukan ruang kabin yang luas, kursi jok yang tebal dan empuk, serta desain yang elegan.


Kemudian di sisi fitur-fiturnya, Suzuki All New Ertiga Hybrid menawarkan berbagai fitur. Beberapa di antaranya seperti cruise control, Gear Shift Indicator (GSI), autolight with guide me light, ESP, Hill Hold Control, auto retractable outside mirror, dan lain-lain.

Spesifikasi Suzuki All New Ertiga Hybrid

Dimensi

Suzuki All New Ertiga Hybrid memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, dan jarak sumbu roda adalah 2.740 mm. Untuk radius putar yang ditawarkan adalah 5,2 meter dan ground clearance 180 mm. Untuk kapasitasnya, Suzuki All New Ertiga Hybrid dapat menampung 7 orang penumpang.

Mesin

Suzuki All New Ertiga Hybrid menggunakan mesin tipe Smart Hybrid K15B + ISG + Lithium-ion, Silinder 1.462 cc 4-silinder. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm.

Suspensi

Suspensi depan mobil hybrid ini adalah Macpherson Strut with Coil Spring. Kemudian untuk bagian belakang adalah Torsion beam with Coil Spring.


Jika Anda tertarik untuk membeli mobil ini, Suzuki menawarkan beberapa varian All New Ertiga Hybrid yaitu:


  • Ertiga Hybrid GX MT Rp 270,3 juta

  • Ertiga Hybrid SS MT Rp 281,3 juta

  • Ertiga Hybrid GX AT Rp 281,3 juta

  • Ertiga Hybrid SS AT Rp 292,3 juta


Saat ini, pemerintah di Indonesia memang terus mendorong agar keberadaan kendaraan listrik bisa tumbuh dengan lebih pesat. Bahkan, pemerintah juga telah menentukan target bahwa di 2025 nanti, total produksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dapat mencapai 400 ribu unit untuk roda empat. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa tahun ke depan, peminat mobil listrik akan terus bertambah.


Jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan harga terjangkau, Anda bisa mengikuti kegiatan lelang yang diadakan oleh AUKSI. Setiap minggunya, kami menyediakan ratusan unit mobil dari berbagai merek dan tahun produksi untuk dilelang. Prosedur dan tata cara lelang di AUKSI pun aman dan mudah. Anda bisa mempelajarinya pada link berikut Cara Ikut Lelang. Apabila Anda ingin bergabung dengan kegiatan lelang mobil ini, silakan klik Lelang Mobil Perusahaan untuk mengetahui jadwal lelang di AUKSI. 


-fera-